Mereset Routerboard MikroTik Dengan Baik Dan Benar

  


 Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada hari ini saya akan menjelaskan dan mempraktekkan cara mereset Routerboard.
Langsung saja simak artikel di bawah ini....

A. Pendahuluan
    Routerboard merupakan hardware (Router)  yang didesain oleh MikroTik. Routerboard memiliki beragam seri dan interface yang disesuaikan dengan kebutuhan.  Routerboard menggunakan RouterOS sebagai software / sistem operasinya.

Beberapa contoh Routerboard ini diantaranya adalah RB400, RB600, R52H, R52N, R2N yang merupakan Wireless board dan RB750, RB450G, RB1000 yang merupakan Embeded (sistem minimum) Router.

    MikroTik RouterOS, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.

B. Latar Belakang
    Mereset Routerboard MikrTik dapat di lakukan apabila dalam melakuan konfigurasi kita mengalami kesalahan/untuk mengulangi konfigurasi dari awal.

C. Tujuan
    Tujuan meret Mikrotik yaitu untuk menghapus data-data yang telah di konfigurasi.

D. Waktu
    waktu yang dibutuhkan untuk mereset mikrotik yaitu kurang lebih 3 menit.

E. Alat Yang Dibutuhkan
    - Routerboard MikroTik
    - Pulpen
    - Komputer/PC untuk mengakses Winbox

F. Pembahasan
   
Ada beberapa cara untuk mereset Routerboard MikroTik

1. Cara Pertama Melalui Winbox
    Caranya  yaitu :
- Sambungkan Routerboard dengan PC, lalu buka Winbox. setelah winbox terbuka kemudian klik System-->Reset Configuration--> kemudian ceklist No Default Configuration--> lalu klik Reset Configuration.




Atau kita bisa menggunakan Terminal pada Winbox
Caranya klik Terminal--> lalu ketikan perintah /system reset--lalu ketik y dan enter.




Jika kita ingin mereset ke default dapat menggunakan perintah /system reset-configuration no-default=yes




2. Cara Kedua
Cara kedua adalah dengan menekan tombol reset. Silakan cari tombol reset karena masing-masing routerboard berbeda-beda tempatnya namun biasanya ada lubang kecil di routerboard dan harus ditusuk menggunakan alat karena tidak bisa langsung dengan jari, biasanya saya menggunakan ujung pulpen untuk menusuknya, namun hati-hati dalam menusuk jangan terlalu kuat karena tombolnya rentan. Perlahan saja namun rasakan bunyi “tek” karena tombol sudah tertekan. Banyak pemula yang karena keras menekannya sampai tombolnya copot. Cara meresetnya adalah tekan tombol reset dan jangan dilepas, terus cabut dan pasang powernya sehingga routerboard menyala. tunggu beberapa saat hingga lampu berkedip-kedip. Setelah itu restart routerboard.



1. Lepas kabel powernya
2. Tekan tombol reset tanpa dilepas, kemudian tancapkan kabel powernya dalam kondisi tombol reset masih ditekan
3. Tunggu hingga lampu ACT berhenti berkedip
4. Coba cek login dengan Winbox

3. Cara Ketiga
     Bila kedua cara diatas tidak berhasil, cara ketiga adalah harus membuka chasing dan melakukan jumper. Cari di pcb routerboard lempeng kuningan bernbentuk lingkaran namun terpotong seolah 2 setengah lingkaran yang berhadapan. Tinggal tekan dengan obeng atau benda penghantar lain agar kedua setengah lingkaran itu terhubung.

Cara Reset Mikrotik RB RB750/RB951/RB751

Semua model RouterBOARD saat ini juga dilengkapi dengan lubang jumper reset. Beberapa perangkat mungkin perlu pembukaan casing untuk melakukan reset, RB750/RB951/RB751 memiliki lubang jumper di bawah salah satu kaki karet pada casing nya.
Menggunakan: Tutup jumper dengan obeng logam, dan booting ulang agar konfigurasi dihapus.  


Cara Reset Mikrotik RB133

Catatan: Untuk RB133 jangan lupa melepas jumper setelah konfigurasi direset, atau mikrotik anda akan terus reset setiap kali reboot.  

G. Kesimpulan
     Jika kita mereset Routerboard mikrotik usahakan dengan hati-hati jangan sampai kita merusaknya.

H. Referensi











Subscribe My Blog

Comments