Cara Memasukkan ISO Di Virtualbox - IT NDESO

     

Assalamualaikum wr. wb.
Apa kabar kalian semua ? pastinya baik-baik saja, pada kesmpatan kali ini saya akan menjelanskan bagaimana cara memasukkan OS/file iso pada virtualbox, apakah diantara kalian semua ada yang tidak tahu caranya? oke kalau begitu saya akan memberitahu caranya, simak saja artikel di bawah ini...

A. Pendahuluan
     Virtualbox merupakan mesin virtualisasi yang di gunakan untu menginstall OS tambahan pada OS utama.

B. Latar Belakang
      Saya awalnya tidak tahu caranya memasukkan file iso ke dalam virtualbox, tapi setelah saya tanya-tanya kepada teman saya akhirnya saya bisa melakukannya.

C. Maksud Dan Tujuan
     Maaksud dan Tujuan saya menulis blog ini adalah agar para pembaca mengerti cara memasukkan file iso.

D. Alat Dan Bahan
  1. Laptop/Komputer
  2. Virtualbox
  3. OS/file iso yang akan kita install (saya menggunakan OS Debian) 


E. Pembahasan
Perhatikan baik-baik cara di bawah ini...

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu virtualbox, kemudian klik  tulisan New



2. Langkaha kedua kita pilih OS yang akan kita gunakan, jika kita menggunakan windows maka kita ketik windows dan cari versinya, kalau saya menggunakan linux Debian Server.



3. Selanjutnya kita pilih jumlah RAM yang akan kita pakai, kalau saya menggunakan 500 MB karena OS yang akan saya install adalah Debian Server berbasis CLI (Command Line Interface)



4. Selanjutnya kita klik Create



5. Kemudian kita klik Next



6.  Pilih Dynamicall allocated, kemudian klik Next



7. Kemudian kita tentukan berapa bayak penyimpanan hardisk yang akan kita gunakan, maksimal adalah 2 TB,  kalau saya menggunakan 581 GB. Lalu klik Create



8. Setelh itu kita masuk ke menu Setting, lalu klik Storage kemudian klik logo DVD untu memasukkan file iso kita.



9. Lalu kita pindah ke menu Network pada Adapter 1 kita pilih modenya Bridget Adapter, dan kita ubah namanya menjadi wlp3s0, selanjutnya kita klik OK



10. Untuk memulainya kita tinggal klik Show maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.




F. Kesimpulan
      Menurut saya memasukkan file iso ke virtualbox sangatlah mudah, dan pada kesempatan selanjutnya saya akan menjelaskan cara install Debian Server 8 Jessie di Virtualbox.




Subscribe My Blog

Comments