Assalamualaikum Wr.
Wb.
Apa kabar kalian
semua, pada hai ini saya akan membahas tentang SOP. Oke simak saja
artikel di bawah ini…..
A. PENDAHULUAN
Apa itu SOP
????
Standart
Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja
tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses
penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan
harus dilakukan,
dimana dan oleh siapa dilakukan.
Menurut
Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman
atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi
dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan
indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata
kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang
bersangkutan.
B. LATAR BELAKANG
Banyak orang
yang sudah beerja tapi tidak tau standar operasional kerja pada
perusahaan tersebut dan juga ada yang tau sop nya tapi tidak di
laksanakan/dijalankan.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar para
karyawan atau pegawai mengerti SOP yang ada di perusahaan di mana
seseorang tersebut bekerja dan juga agar pegawai melaksanakan SOP.
D. PEMBAHASAN
1. Manfaat Standard
Operasional (SOP)
-
sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
-
Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
-
Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
-
Memberikan informasi mengenai kualifikasi.
-
Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
2. Tujuan Standard
Operating Prosedure (SOP) antara lain adalah :
-
Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
-
Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap - tiap posisi dalam organisasi.
-
Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
-
Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
-
Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
3. Fungsi Standarad
Operating Prosedure
-
Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
-
Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
-
Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
-
Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
4. Keuntungan adanya
Standard Operating Prosedure
(SOP)
-
SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana,menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.
-
Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
-
SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.
5. Teknik menyusun
SOP
Ada tujuh
tahapan atau langkah yang dapat digunakan untuk membuat suatu
prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada, anatara
lain sebagai berikut:
1. Menentukan tujuan
yang ingin dicapai.
2. Membuat rancangan
awal.
3. Melakukan
evaluasi internal.
4. Melakukan
evaluasi eksternal.
5. Melakukan uji
coba.
6. Menempatkan
prosedur pada unit terkait.
7. Menjalankan
prosedur yang sudah dibuat.
6. Penerapan SOP
dalam manajemen perkantoran
Proses penerapan
harus dapat memastikan bahwa output yang dikehendaki dapat diwujudkan
yaitu:
-
Setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahannya.
-
Salinan/kopi SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diakses oleh semua pengguna potensial.
-
Setiap pelaksanaan mengetahui perannya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkannya secara aman dan efektif.
-
Ada mekanisme untuk memonitor/memantau kinerja, mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul, dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP.
E. HASIL YANG DI
DAPAT
Menjadi lebih
paham tentang standar operasional dalam bekerja dan menjadikan
pekerjaan kita lebih mudah dan di siplin.
F. KESIMPULAN
Sebelum bekerja
pahami dulu SOP nya agar memudahkan kita dalam bekerja dan juga agar
menghindari kesalahan dalam bekerja.
G. REFERENSI
- Modul Mbah
Suro Dhemit
Comments