Penjelasan Tentang SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam dunia kerja - IT NDESO



Assalamualaikum Wr. Wb.

    Apa kabar kalian semua, pada hai ini saya akan membahas tentang SOP. Oke simak saja artikel di bawah ini…..

A. PENDAHULUAN

Apa itu SOP ????

Standart Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan
harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.
Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

B. LATAR BELAKANG
     Banyak orang yang sudah beerja tapi tidak tau standar operasional kerja pada perusahaan tersebut dan juga ada yang tau sop nya tapi tidak di laksanakan/dijalankan.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
     Agar para karyawan atau pegawai mengerti SOP yang ada di perusahaan di mana seseorang tersebut bekerja dan juga agar pegawai melaksanakan SOP.

D. PEMBAHASAN

1. Manfaat Standard Operasional (SOP)
  • sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
  • Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
  • Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  • Memberikan informasi mengenai kualifikasi.
  • Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.

2. Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP) antara lain adalah :
  • Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  • Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap - tiap posisi dalam organisasi.
  • Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
  • Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.

3. Fungsi Standarad Operating Prosedure
  • Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
  • Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

4. Keuntungan adanya Standard Operating Prosedure
(SOP)
  • SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana,menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.
  • Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
  • SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.

5. Teknik menyusun SOP
    Ada tujuh tahapan atau langkah yang dapat digunakan untuk membuat suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada, anatara lain sebagai berikut:
1. Menentukan tujuan yang ingin dicapai.
2. Membuat rancangan awal.
3. Melakukan evaluasi internal.
4. Melakukan evaluasi eksternal.
5. Melakukan uji coba.
6. Menempatkan prosedur pada unit terkait.
7. Menjalankan prosedur yang sudah dibuat.

6. Penerapan SOP dalam manajemen perkantoran
     Proses penerapan harus dapat memastikan bahwa output yang dikehendaki dapat diwujudkan yaitu:
  1. Setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahannya.
  2. Salinan/kopi SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diakses oleh semua pengguna potensial.
  3. Setiap pelaksanaan mengetahui perannya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkannya secara aman dan efektif.
  4. Ada mekanisme untuk memonitor/memantau kinerja, mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul, dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP.

E. HASIL YANG DI DAPAT
    Menjadi lebih paham tentang standar operasional dalam bekerja dan menjadikan pekerjaan kita lebih mudah dan di siplin.

F. KESIMPULAN
    Sebelum bekerja pahami dulu SOP nya agar memudahkan kita dalam bekerja dan juga agar menghindari kesalahan dalam bekerja.

G. REFERENSI
- Modul Mbah Suro Dhemit


Subscribe My Blog

Comments