Pengertian Bandwidth dan Fungsinya - IT NDESO




A. PENDAHULUAN
    Assalamualaikum wr. wb
    Hallo semuanya apa kabar? pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu bandwidth pasti kalian semua berfikir bahwa bandwidth adalah hal yang tidak terlalu penting padahal bandwidth itu sangat penting sekali.

B. LATAR BELAKANG
    Saya sering mengunakan bandwidth tapi tidak tahu apa itu bandwidth dan kali ini saya akan mempelajarinya.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar saya mengerti apa itu bandwidth

D. PEMBAHASAN
   
a. penjelasan mengenai bandwidth
    Bandwidth adalah sebuah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan bit/detik yang biasanya orang menyebut bit per second (bps) antara server dengan client dalam jangka waktu tertentu dan biasanya di hitung dalam satu detik.

    Jika kita menggunakan koneksi LAN (Local Area Network) 100 mbps, berarti idealnya dapat melakukan transaksi data maksimalnya sebesar 100 mega bit per second (mbps). Lalu jika suatu modem yang dapat bekerja pada 57,600 bps memiliki Bandwidth 2 kali lebih besar dari pada modem yang bekerja pada 28,800 bps, jika koneksi komputer ke jaringan komputer memiliki Bandwidth yang besar atau tinggi dapat memungkinkan pengiriman data yang besar juga misalnya seperti pengiriman gambar dalam video presentation atau bahkan dapat mengirim video.

b. Fungsi Bandwidth
    Bandwidth memiliki fungsi utama untuk transaksi sebuah data baik itu download maupun upload.

c. Bandwidth Digital dan Bandwith Analog
    Bandwidth terbagi dalam dua macam yaitu bandwidth digital dan analog, apa itu bandwidthh digital dan analog ?..berikut ini adalah penjelasannya :
    - Bandwidth Digital yaitu jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

    - Bandwidth Analog merupakan perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

E. KESIMPULAN
     Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. bandwidth sangat penting sekali.

F. REFERENSI
    http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-bandwidth-dan-fungsinya.html

Subscribe My Blog

Comments