Fundamental DHCP Server dan DHCP Client - IT NDESO



Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit materi tentang fundamental DHCP Server dan DHCP Client. langsung saja simak artikel di bawah ini.....

A. Pendahuluan
    DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang digunakan untuk mempermudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual.

B. Maksud Dan Tujuan
    Maksud dan tujuan saya menulis artikel ini adalah agar para pembaca semua tahu apa itu DHCP Server dan DHCP Client.

C. Hasil Yang Diharapkan
    Dapat menerti dan paham tentang DHCP Server dan DHCP Client.

D.  Pembahasan

1. Pengertian DHCP Server dan DHCP Client

   DHCP Server adalah digunakan untuk konfigurasi protokol atau konfigurasi ip disediakan oleh server untuk diberikan kepada pelanggan atau biasa kita sebut client yang meminta ataupun merequest ip ke kita dan waktu ditentukan oleh servernya atau pemberi ipnya tentu juga diberikan netmask, gateway, dan dns server itupun  tergantung dari pengaturan severnya.

   DHCP client adalah pengaturan ip address yang dilakukan oleh client,mau itu mode static ataupun  mode dynamic, biasanya dhcp  client meminta ip ke dhcp server, sebeleum si client ini mendapatkan ip dynamic biasanya client meminta ataupun merequest ke server terlebih dahulu dan server akan melakukan pengecekan terhadap si client yang meminta ip dinamic tersebut.

2. Perbedaan DHCP Server dan dhcp client


  • DHCP Server yaitu Komputer yang bertugas memberikan alamat IP secara otomatis kepada komputer Client. Sedangkan...
  • Komputer yang meminta alamat IP disebut dengan DHCP Client.

3. Cara Kerja DHCP

Pada saat user menghidupkan komputernya dan menghubungkannya ke server yang menggunakan layanan DHCP, maka komputer tersebut otomatis meminta (request) alamat IP ke server. Kemudian server menjawab permintaan komputer tersebut dan memberikannya sebuah alamat IP.

E. Kesimpulan
     Contoh DHCP yang sering kita lakukan yaitu ketika kita sedang browsing di google, ketika kita ingin mencari tentang DHCP maka kita bisa disebut dengan Client dan yang berperan sebagai server adalah google.

F. Penutup
     Sekian yang bisa saya sampaikan apabila ada kesalahan saya minta maaf. wassalamualaikum wr. wb.

Subscribe My Blog

Comments