Cara Setting MikroTik Agar Konek Dengan Wifi Dengan Menembak Hostpot - - IT NDESO



   Assalamualaikum Wr. Wb.
Berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara konfigurasi Routerboard MikroTik agar konek dengan wifi dengan menembak hostpot.
Langsung saja simak artikel dibawah ini...

A. Pendahuluan
      Wi-fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan untuk bertukan data ataupun informasi tanpa menggunakan kabel atau wireless melalui jarigan komputer, termasuk  dengan koneksi berkecepatan tinggi.

B. Latar Belakang
     Koneksi internet merupakan kebutuhan utama bagi  semua umat manusia saat ini. dengan adanya koneksi internet dapat memudahkan pekerjaan manusia.

C. Maksud Dan Tujuan
     Maksud dan tujuan saya menulis blog ini adalah agar para pembaca semua tau tentang cara konfigurasi Routerboard Mikrotik agar tersambung dengan wifi dengan cara menembak hostpot.

D. Alat Yang Dibutuhkan
     1. PC/Laptop
     2. Routerboard Mikrotik
     3. Winbox
     4. Koneksi internet yang akan kita tembak.

E. Waktu
     Waktu yang di butuhkan yaitu 5 menit.

F. Konfigurasi

1. Tahap pertama sebelum melakukan konfigurasi yaitu kita harus mengatur IP Address Laptop kita secara manual agar kita dapat mengakses Winbox untuk melakukan konfigurasi.



2. Langkah kedua kita masuk Winbox, lalu kita mulai konfigurasi interface, caranya masuk ke Interface kemudian kita centang wlan/aktifkan wlannya.



3. Kemudian klik 2x wlan tadi yang sudah diaktifkan lalu modenya pilih "station bridge" kemudian pilih scan di kanan tengah layar



4. setelah pilih scan maka akan muncul banyak hotspot yang terdetek di mikrotik kita karena saya menembak HOSTPOT BLC TELKOM 2 maka saya klik blc telkomnya lalu klik connect yang ada di samping kanan. setelah itu klik Apply dan Ok.



5. Langkah selanjutnya kita memberi IP Address pada interface ether 2 karena yang akan kita sambungkan dengan wifi adalah interface ether 2. caranya yaitu IP-->Addresses--lalu klik +. jangan lupa klik Apple dan Ok untuk menyimpannya.



6.  Langkah selanjutnya adalah membuat DHCP Client. Kita pilih interfacenya wlan1 karena wlan1 memiliki koneksi internet. caranya yaitu IP-->DHCP Client--> lalu klik +. Dan klik Apply & Ok.



7. Kemudian kita masuk ke menu IP-->DNS. Kemudian Centang Allow Remote Request, jangan lupa klik Apply dan Ok



8. Langkah selanjutnya kita setting firewallnya lebih tepatnya di firewallnya IP--->Firewall masuk ke menu NAT lalu pilih tanda + (plus). 

Di kolom General kita setting chain menjadi srcnat dan out interfacenya ether2
srcnat digunakan untuk mengubah source address dari sebuah paket data 


Jangan disilang dulu, kita masuk ke kolom action lalu actionnya ganti ke masquerede kemudian apply ok
masquerede digunakan untuk menyamarkan ip kita



9. Lankah selanjutnya kita beri beri DHCP Server. caranya masuk ke IP-->DHCP Server kemudian klik DHCP Setup.


10. Setelah kita klik DHCP Server maka akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini... Kita ubah interface DHCP Server menjadi ether2 karena yang akan kita sambungkan internet adalah ether2


Langkah selanjutnya kita tinggal klik Next terus sampai selesai







11. Selanjutnya kita atur IP Address laptop kita menjadi Automatic (DHCP)



12. Kemudian copot kabel UTP yang tersambung ke Laptop kita, lalu pasang kembali.
Setelah itu kita bisa cek apakah Laptop/PC kita sudah mendapatkan IP secara otomatis dari server dengan cara mengetik perintah ifconfig pada Terminal di Linux/CMD di Windows.



13. Langkah terakhir adalah mengecek apakah konfigurasi kita berhasil atau tidak, caranya kita cek lewat browser kalau bisa akses internet berarti sukses jika belum berarti ada settingan yang  salah coba cek lagi.

G. Kesimpulan
     Kita dapat memanfaatkkan hostpot hp kita untuk menjadi modeem utuk mengakses internet jika kita tidak memiliki wifi sendiri dirumah.

H. Referensi
    -  Ebook Mikrotik
     - http://didanlay.blogspot.com/2018/07/cara-setting-mikrotik-agar-konek-dengan.html




     









Subscribe My Blog

Comments