Hari Ke Enam Training CISCO || Final Exam



A. PENDAHULUAN
    AssalamualaiumWr. Wb. pada hari inisaya akan menceritakan hari keenam saya selama training cisco dan kali ini saya akan sharing apa saja materi yang sudah di sampaikan dari trainernya.

B. LATAR BELAKANG
     Pada hari ini merupakan Final Exam dari CISCO dan merupakan tes untuk mendapat serrfifikat CCENT

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Maksuda saya menulis artikel ini adalah ingin sharing kepada para pembaca semua tentang Final Exam yang sudah saya jalani kemarin.
     Dan tujuan dari dibuatnya artikel ini adalah agar para pembaca tahu dan mengerti tentang Final Exam CISCO.

D. HASIL YANG DI HARAPKAN
    agar dapat mengerjakan Final Exam dengan mudah dan lancar dan juga  dpat lulus Finaal Exam.

E. ALAT DAN BAHAN
    - Laptop/ PC
    - Koneksi Internet

F. WAKTU PELAKSANAAN
     Waktu pelaksaan pendalaman materi subnetting di mulai jam 08.00 - 15.00 dan waktu mengerjakan Final Exam jam 15.00 sampai 16.00.

G. PEMBAHASAN
     Dalam training kali ini, sebelum kita menuju Final Exam para trainer yaitu mas Fatchurohman memberiakan sedikit materi tentang Subnetting dan CIDR.

Subnetting adalah proses memecah suatu IP jaringan ke sub jaringan yang lebih kecil yang disebut "subnet." Setiap subnet deskripsi non-fisik (atau ID) untuk jaringan-sub fisik (biasanya jaringan beralih dari host yang mengandung satu router -router dalam jaringan multi).

   Sedangkan CIDR atau kepanjangan dari Classless Inter-Domain Routing adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat - alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E atau bisa disebut sebagai supernetting. CIDR merupakan mekanisme routing yang lebih efisien dibandingkan dengan cara yang asli, yakni dengan membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas A, B, dan C.

CIDR digunakan untuk mempermudah penulisan notasi subnet mask agar lebih ringkas dibandingkan penulisan notasi subnet mask yang sesungguhnya. Untuk penggunaannya notasi alamat CIDR pada classfull address pada kelas A adalah /8 sampai dengan /15 , kelas B adalah /16 sampai dengan /23, kelas C adalah /24 sampai dengan /28. Subnet mask CIDR /31 dan /32 tidak pernah ada dalam jaringan yang nyata.

Dan setelah membahas materi Subneting dan CIDR,kami saatnya untuk ujian exam untuk Final Exam. Namun untuk ujian Final Exam kali ini apabila kita tidak lulus dengan nilai minimal yang di tentukan oleh trainer yaitu 80% tidak mendapat srtifikat CCENT, dan di Final Exam ini kita tidak bisa mengulangnya untuk yang kedua kalinya.

H. KESIMPULAN
     Nilai yang harus di capai agar bisa lulus yaitu 80%  keatas. apabila nilai yang di dapat di bawah 80% makadi anggap tidak lulus tes.

I. PENUTUP
   sekian artikkel dari saya apabila ada kesalahan saya minta maaf. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Subscribe My Blog

Comments