Cara Mengatasi Routerboard Mikrotik Yang Tidak Dapat Membuat Hostpot/wifi - IT NDESO

A. Pendahuluan
     Assalamualaikkum wr. wb.
Apa kabar kalian semua???... pastinya baik-baik saja. pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang bagaimana cara mengatasi routerboard mikrotik yang tidak dapat membuat hostpot.
oke langsung saja kita menuju ke topik pembahasan.....

B. Latar Belakang
      Masalah yang saya alami yaitu saat saya membuat hostpot/wifi tidak muncul saat di  scant oleh client, padahal sudah saya konfigurasikan dengan baik dan benar.

C. Maksud Dan Tujuan
     Maksud dan tujuan saya menulis artikel ini adalah agar para pembaca semua tahu masalahnya dan cara mengatasi masalah tersebut.

D. Alat Dan Bahan

  • Routerboard Mikrotik
  • Koneksi internet
  • PC/Laptop
E. Waktu Pelaksanaan

     5 Menit (Tergantung kecepatan koneksi internet kita)

F. Tahap Pelasanaan
    Cara mengatasi masalah Routeboard MikroTik yang tidak dapat membuat hostpot adalah dengan cara mengupgrade routerboard mikrotik kita. caranya bisa di lihat DISINI atau bisa di lihat pada cara di bawah ini.

1. Langkah pertama kita buka Winbox, kemudian pilih menu Wireless lalu klik tanda + kemudian lihat menunya, apabila tulisannya VirtualAP maka kita wifi yang nanti akan kita buat tidak akan muncul.



2. Nah, langkah selanjutnya adalah kita mengupgrade mikroti kita dengan cara klik menu System-->Packages



3. Lalu klik tulisan Check For Updates



4. Pada tulisan di gambar ini versi mikrotik yang sedang kita gunakan adalah 6.34.4 sedangkan versi yang terbarunya adalah 6.43 maka kita akan mengupgradenya ke versi yang terbaru. caranya kita klik Download & Insatall untuk mengupgradenya secara otomatis



5. Lalu kita tunggu proses downloadnya sampai selesai



6. Setelah proses downloadnya selesai maka secara otomatis mikrotik akan reboot sendiri. lalu kita masuk kembali pada winbox


7. Kita cek  apakah mirotik kita sudah otomatis terupgrade atau belum. caranya dengan masuk ke menu System-->Packages-->Check For Updates. maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini dan versi yang kita gunakan akan berubah menjadi yang terbaru yaitu versi 6.43



8. Kemudian kita  cek ke menu Wireless dan klik tanda + maka tulisan yang tadinya VirtalAP akan berubah menjadi tulisan Virtual dan ketika kita membuat hostpot/wifi maka akan terlihat saat di scant.



G. Kesimpulan
     Apabila dengan cara diatas tidak bisa anda dapat mencoba cara yang lainnya sampai bisa

H. Sumber
      Hasil ngoprek sendiri

Subscribe My Blog

Comments