Cara Membuat Hostpot Dan User Loginnya - IT NDESO

 

 Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagian sebuah artikel tentang cara membuat hostpot dan user loginnya. Oke langsung saja simak artikel di bawah ini.....

A. Pendahuluan
      Hotspot sangat diminati oleh masyarakat sekarang untuk dapat menggunakan jaringan internet secara bersama – sama atau berkelompok. Hotspot ialah sebuah istilah yang dapat digunakan bagi sebuah area dimana orang tersebut atau user dapat mengakses jaringan internet tersebut.

Biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider, disingkat ISP).

Asalkan di perangkat lainnya seperti PC, Laptop, Notebook gadget atau pun perangkat lainnya dengan adanya fitur WiFi tersebut, sehingga dapat mengakses jaringan internet tanpa menggunakan media tambahan seperti kabel – kabel.

B. Latar Belakang
     Saat ini hostpot sangat penting, Seiring perkembangan zaman kini jaringan dapat kita bagikan dengan mudah dengan menggunakan hotspot.

C. Maksud Dan Tujuan
     Agar dapat memberikan akses internet kepada orang-orang yang membutuhkan.

D. Alat Dan Bahan
     Alat dan bahan yang di perlukan yaitu :

  • PC/Laptop
  • Routerboard MikroTi
  • Koneksi internet yang akan kita tembak

E. Waktu Yang Dibutuhkan
     Waktu yang dibutuhan untuk membuat hostpot dan user loginnya yaitu kurang dari 5 Menit

F. Tahap Pelaksanaan

    Sebelum kita membuat hostpot dan User loginnya, terlebih dahulu kita konfigurasikan routerboard kita agar konek dengan wifi. caranya dapat di lihat DISINI.

1. Setelah kita konfigurasikan routerboard kita, langkah selanjutnya adalah kita buka winbox, lalu kita pilih menu Wireless-->klik tanda + kemudian pilih Virtual.


2. lalu modenya kita buat ap bridge dan untu SSID adalah nama wifi yang akan kita buat, sebagai contoh saya menggunakan nama Wifi.com, setelah itu kita klik Apply & Ok.


3. Langkah selanjutnya adalah memberi IP Address, caranya pilih menu IP--> Address--> lalu klik tanda +, kita ubah interfacenya menjadi vlan2 dan untuk Ip kita bisa menggunakan sesuai keinginan kita. jangan lupa klik Apply & Ok


4. Setelah kita memberi Ip address pada vlan2, kemudian kita pindah ke menu IP-->DHCP Server--> pilih DHCP Setup. setelah itu DHCP Server Interface kita pilih wlan2, setelah itu tinggal klik next-next saja sampai selesai.


5. Langkah selanjutnya kita masuk pada menu IP-->Hostpot, pada menu user kita klik + kemudian ita masukkan username dan password yang akan kita buat.


6. Masih di menu Hostpot, kita pindah ke Servers, kemudian kita klik + dan interfacenya kita pilih wlan2, setelah itu klik next terus...


7. Pada saat kita klik next, pada DNS Name kita isikkan alamat untuk kita login sebagai contoh saya menggunakan nama wifi.com


10. Saat kita scan wifi pada laptop kita maka akan muncul nama wifi yang telah kita buat


G. Kesimpulan
     Dengan membuat Hostpot kita bisa menyebarkan kembali wifi yang telah kita tembak

F. Referensi
     - Ebook Mikrotik

Subscribe My Blog

Comments