Pengertian Komputer, Fungsi, Cara Memilih, dan Cara Merawat Komputer - IT NDESO


A. Pendahuluan
    Assalamualaikum Wr. Wb.
Apa kabar kalian semua. pada kali ini saya akan membahas tentang komputer, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

B. Latar Belakang
     Banyak orang tau bentuk komputer tetapi banyak juga orang yang tidak tahu tentang pengetrian komputer dan fungsi komputer.

C. Maksud dan Tujuan
     Maksud dan Tujuan saya menulis artikel ini adalah agar para pembaca mengerti tentang apa itu komputer, fungsi dari komputer, dan bagaimana cara merawatnya dengan baik.

D. Pembahasan
     Oke langsung saja kita menuju ke penjelasannya :

1. Pengertian Komputer
    Pengertian komputer secara umum adalah sebuah alat yang di gunakan untuk mengolah data, mengirim data, dan menyimpan data sesuai prosedur yang sudah di tentukan. komputer merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang tersusun dan saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
    Komputer berasal dari bahasa Yunani "Compurate" yang mempunyai arti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. kata "com" berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan kata "putare" berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan.dalam bahasa inggris "To Compute" yang artinya menghitung.
Sedangkan definisi komputer menurut para ahli adalah :

- Pengertian Komputer menurut Robert H.Blissmer
Definisi komputer menurut Robert H.Blissmer yatitu suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

- Pengertian Komputer menurut V.C. Hamacher et al
Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

- Pengertian Komputer menurut Elias M. Awad
Komputer adalah sebuah alat penghitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

-Pengertian Komputer menurut Donal H. Sanderes
komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan di dalam penyimpananya (stored program).

- Pengertian Komputer menurut Larry Long & Nancy Long
    Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan dan operasi-operasi logik.

- Pengertian Komputer Menurut Williams, Sawyer
Komputer adalah mesin miltiguna yang dapat diprogram, yang memerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) da memproses ataau memanipulasinya kedalam informasi yang dapat kita gunakan.

- Pengertian Komputer menurut Willian M. Fuori
Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melaukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa cammpur tangan manusia.

2. Fungsi Komputer
    Funsi komputer sacara umum yaitu
1. Mempemudah pekerjaan  manusia
2. sebagai sarana komunikasi
3. Sebagai sarana hiburan
4. Sebagai sarana pndidikan
5. sebagai sarana pengndali/controling
6. Sebagai sarana informasi, dll...

3. Cara Memilih Komputer Desktop
Jika kita sedang mencari atau ingin membeli sebuah perangkat komputer dekstop hal terbaik yang harus anda lakukan ialah menentukan terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan apa saja dengan komputer yang akan anda beli. apakah komputer tersebut digunakan untuk bekerja sehari-hari, sekedar untuk bermain game, atau akan digunakan membuka internet dll.
Berikut ini adalah tips-tips mmilih komputer :

  1. Tentuan OS(Operatin system) yang akan kita guanakan.
  2. Beli komputer yang sesuai dengan kebutuhan kita. apakan untuk bermain game atau hanya untuk mengerjakan tugas di sekolah.
  3. Mencari referensi kepada teman atau rekan kerja untuk memilih komputer yang baik.
  4. Usahakan memilih komputer dengan harga  yang lumayan mahal. dari pada membeli yang mura tetapi tidak tahan lama dan gampang rusak.
  5. Pilihlah komputer dengan jumlah RAM yang banyak, minimal kapasitas RAM adalah 4 GB agar komputer kita tidak ngelag saat mengguanakan software yang membutuhan kapasitas RAM yang besar.
  6. Carilah BUS yang memiliki 2 koneksi usb maupun FireWire atau biasa juga disebut koneksi IEEE 1394, lebih besar maka lebih baik. hal ini akan menghubungkan perangkat pendukung seperti PDA, kamera Digital, Printer, Scanner, Camcorder, serta fungsi dalam game.
  7. Pilihlah komputer yang sudah terdapat CD/DVD RW nya, selain bisa digunakan sebagai pemutar CD/DVD, CD/DVD RW jga bisa anda gunakan untuk menyimpan data kedalam CD/DVD selain itu juga anda bisa menonton video dari CD/DVD Player tersebut.
  8. Pilihlah komputer yang menggunakaan hardware dari perusahaan besar atau perusahaan terpercaya agar saat hardware sedang bermasalah kita akan mendapat garansi.
  9. Pilihlah komputer yang menggunakan VGA Card (grafis) serta sound card (kartu suara) yang berkualitas tinggi. karena ada beberapa software maupun game yang memerlukan spesifikasi yang tinggi dalam penggunaan VGA Card. saat ini rata-rata game dan software memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan dengan lancar.
  10. Lebih baik memilih komputer yang memiliki penyimpanan atau Hardisk yang besar agar dapat menyimpan data-data kita. minimalnya adalah 500 GB.


4. Cara Merawat Komputer Dengan Baik dan Benar
Agar komputer kita tetap awet dan tahan lama serta tidak mengalami gangguan adalah dengan cara merawatnya. lankah-langkah merawat komputer cukuplah mudah dan caranya dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Bersihkan motherboard secara berkala dari debu
  2. Uninstal atau buang aplikasi2 yang tidak sering anda pakai
  3. Membersihkan recycle bin secara rutin
  4. Instal program antivirus dan update secara berkala
  5. Tutup program yang tidak berguna
  6. Gunakan UPS atau Stavolt
  7. Mengaktifkan screen saver pada komputer
  8. Mendefrag harddisk secara berkala
  9. Jika perlu buka sebelah kesing komputer desktop

Semoga tips-tips diatas juga dapat membantu mengawetkan komputer anda dirumah.

E. HASIL YANG DIDAPAT
    Dapat mengetahui lebih banyak tentang komputer dan mengerti fungsi dari komputer dan cara merawatnya.

E. KESIMPULAN
   Banyak orang mengerti bentuk komputer tetapi bayak juga yang tidak tahu cara memilih dan merawatnya, setelah membaca artiel di atas ita jadi lebih tahu tentang bagaimana cara memilih  komputer dan cara merawatnya agar lebih awet dan tidak mudah rusak.

F. REFERENSI
mbah google

Subscribe My Blog

Comments